Biografi Pengarang Kitab Jurumiyah



Siapa yang tidak kenal kitab al Ajurumiyah?Bagi yang berkecimpung ilmu syar’I tentu merasakan sensasi kitab ini. Kitab kecil yang berisi ilmu nahwu bagi pemula.karena kitab ini merupakan kitab dasar -baca wajib- khususnya di pesantren salafiyah.

Lalu siapakah pengarang  kitab yang sangat masyhur ini?  Mari kita simak biografinya.

Namanya adalah Abu Abdillah Muhammad bin Muhammad bin Dawud Ash Shonhaji  tapi lebih dikenal dengan nama Ibnu Ajurum. Nisbah beliau Ash Shonhaji, qabilah Shinhajah di daerah Maghrib. Beliau dikenal dengan nama Ibnu Ajurum yang artinya orang yang fakir dan seorang shufi.

Tempat kelahiran dan kematiannya.

Ibnu Ajurum dilahirkan di kota Fas, Negeri Maghrib pada tahun 672 H. Pada tahun yang sama seorang pakar nahwu yang terkenal yaitu pengarang Kitab Alfiyah yang bernama Ibnu Malik –rahimahullah- meninggal dunia. Ibnu Ajurum rahimahullah wafat di Kota Fas pada hari Senin, tanggal 10 Safar 723 H.

Kisah mencari ilmu

Awalnya, Ibnu Ajurum belajar di kota Fas, kemudian beliau berangkat haji ke kota Makkah. Ketika melewati Kairo, beliau belajar nahwu kepada Abu Hayyan, salah seorang pakar nahwu negeri Andalusia, penyusun Kitab Al Bahrul Muhith, sampai beliau mendapatkan ijazah (rekomendasi) dari Abu Hayyan.

Penyusunan Matan Al Ajurumiyah

Ibnu Ajurum menyusun matan Al Ajurumiyah pada tahun 719 H, empat tahun sebelum beliau wafat. Ibnu Maktum yang sezaman dengan Ibnu Ajurum –setelah memuji Ibnu Ajurum- menyebutkan di dalam Tadzkirahnya bahwa pada saat dia menulis tadzkirah tersebut, Ibnu Ajurum masih hidup.

Ar Ra’i dan Ibnul Haj menyebutkan bahwa Ibnu Ajurum menulis kitab ini di hadapan Ka’bah. Dan ditambahkan oleh Al Hamidi bahwa setelah menulis kitab ini, Ibnu Ajurum membuang kitabnya ke laut sambil berkata, “Kalau memang kitab ini kutulis ikhlas karena Allah, maka niscaya kitab ini tidak akan basah.” Ternyata kitab Al Ajurumiyah yang beliau tulis tidak basah. Sehingga walaupun kitab ini tipis dan ditujukan bagi pemula, namun karya tulis beliau ini diterima oleh semua kalangan.

Demikian ringkasan biograsi iman Ibnu Ajurum pengarang kitab Jurumiyah. Semoga kita bisa mengambil ibrah dan manfaat dari kisahnya. Amin.

#ReadingChallangeOdop
#Tantanganlevel4


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Pemikiran Pendidikan Islam

Tatar Sunda "The Lost Atlantis"

si Kecil Amien Rais